Terorisme, Kemandirian & Usaha Mikro (1)

Tulisan dibuat ketika bangsa kita sempat dikejutkan dengan pernyataan Alexander Downer bahwa Abu Dujana telah tertangkap oleh aparat kepolisian Indonesia. Sementara pihak kepolisian kita “terpaksa” harus mengumumkannya pada hari berikutnya. Atas penangkapan itu hampir semua media baik cetak maupun elektronik mengulas siapa Abu Dujana, asal usulnya dan perjalanan “karir”-nya di dunia terorisme.

Terorisme adalah kejahatan dan siapa saja dari kita bisa menjadi korbannya. Namun sebenarnya kita bisa mengetahui apa yang mereka perjuangkan, yaitu melawan ketidakadilan. Ketidakadilan di Palestina, di Afghanistan, di Irak, di Thailand, di Filipina, di Kashmir ataupun di Poso. Ketidakadilan dunia yang dikuasai oleh negara-negara maju dan korporasi-korporasi yang bergerak secara lintas negara dan menguras habis sumberdaya-sumberdaya ekonomi negara-negara miskin dan berkembang.

Ketidakberdayaan menghadapi ketidakadilan itupun membuahkan berbagai macam ekses, yang paling jelas adalah kemiskinan dan disisi lain kebencian terhadap ketidakadilan membuahkan terorisme.

Kita tidak mengharapkan ketidakadilan itu terus berlangsung secara berkepanjangan dan kita juga tentu tidak menginginkan terorisme, sebagai bentuk perlawanan terhadap ketidakadilan, mengancam keamanan dan ketentraman masyarakat dan keluarga kita.

Untuk melawan ketidakadilan adalah dengan kemandirian baik sebagai bangsa maupun sebagai individu. Dan untuk bisa mandiri kita harus bisa melepaskan diri dari kemiskinan.

Tagged , , , , , , , ,

2 thoughts on “Terorisme, Kemandirian & Usaha Mikro (1)

  1. anggara says:

    wah topiknya tentang uang vs kebahagiaan nih🙂

  2. sayasaja says:

    Terima kasih udah mampir.
    Kalo topik sih bebas aja mas.
    Kalo disini saya lg bahas bgmn caranya orang-orang yang salah pemahaman (menurut saya) bisa menyalurkan “semangat”-nya buat hal-hal yang bermanfaat bagi kemanusiaan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: